DPRD DKI Didorong Kawal Keberlanjutan Pembangunan di Ancol

DPRD DKI Didorong Kawal Keberlanjutan Pembangunan di Ancol

Jakarta: Ombudsman mendorong DPRD DKI mengawal keberlanjutan pembangunan di Ancol, Jakarta Utara. Kepala Keasistenan Utama Resolusi dan Monitoring Ombudsman RI, Dominikus Dalu, menyebut DPRD mesti minta penjelasan dari pihak Ancol terkait dugaan beberapa pembangunan yang tidak dilanjutkan.

“Komisaris Ancol, Dirut Ancol, Hendra Lie, dan Ferdi Tan (sebagai pihak terkait) harus dipanggil, karena itu wewenang DPRD,” ujar Dominikus dalam keterangan yang dikutip Selasa, 13 Juni 2023.

Menurut dia, rekomendasi telah dikeluarkan Ombudsman untuk mendorong keberlanjutan pembangunan di Ancol. Namun, Dominikus melihat hal itu belum ditindaklanjuti oleh pihak Ancol.

Rekomendasi yang dimaksud yakni dugaan adanya ketidaksesuaian administrasi terkait kerja sama pengembangan kawasan Ancol. Salah satunya, kerja sama dengan pihak lain pada 2009 yang diduga tak berlandaskan legal standing.

Kedua, kurangnya pengawasan terkait keberlangsungan pembangunan di kawasan Ancol. Ketiga, kurangnya komitmen menindaklanjuti kerja sama dengan pihak lain.

“Sehingga dianggap telah menyalahi ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Adapun Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Winarto menyatakan kesiapan memenuhi panggilan DPRD DKI. Dia menunggu panggilan tersebut disampaikan kepada bina marga dki.

“Barusan saya telpon kantor, belum ada undangan dari DPRD. Kalau nanti ada undangan, Insya Allah kami akan hadir,” kata Winarto dalam pesan singkat, 10 Juni 2023.

Di sisi lain, dia membeberkan pembangunan di lokasi Ancol yang diinisiasi bersama Crown Group. Pembangunan yang dimaksud yakni berada di samping Putri Duyung Resort.

“Kalau terkait Crown, setahu saya para pihak sudah sepakat untuk mengakhiri rencana kerja sama,” ujarnya.

Dishub DKI Jakarta Siapkan Rekayasa Lalu Lintas saat Formula E

Jakarta: Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyiapkan rekayasa lalu lintas saat pelaksanaan Jakarta E-Prix 2023 (Formula E) yang berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol pada 3-4 Juni 2023.

“Pengunjung Ancol dan penonton ajang balap mobil listrik agar memarkir kendaraan di fasilitas parkir yang disiapkan dan menggunakan layanan bus shuttle (antar jemput) yang kami sediakan,” kata Dishub DKI Jakarta melalui akun Instagram @dishubdkijakarta, dikutip Jumat, 2 Juni 2023.

Bagi pemilik tiket Premier Suite disediakan fasilitas parkir di perumahan Coasta Villa Jalan Bukit Golf Raya dan lapangan Kobexindo. Pemilik tiket Royal Suite 1A disediakan fasilitas parkir di Jakarta International Stadium (JIS).

Pemilik tiket Deluxe Suite 18 dan Corporate Suites disediakan fasilitas parkir di Hailai Ancol. Sementara pemilik tiket VIP, Grandstand 24-21, dan Sirkuit Festival disediakan fasilitas parkir di JIExpo Kemayoran.

Kemudian, bagi penonton E-Prix 2023 yang memarkirkan kendaraannya di Ancol diarahkan parkir di Symphony of The Sea dan disediakan shuttle bus (Bus wara-wiri Ancol).

“Apabila fasilitas parkir penuh diarahkan untuk parkir di tempat lainnya yang telah disediakan,” ujar Dishub.

Selain itu, Jika terjadi kepadatan lalu lintas di Jalan Lodaya Raya dan Jalan R.E. Martadinata, Dishub DKI Jakarta akan melakukan pengalihan rute. Pengalihan itu khususnya bagi kendaraan-kendaraan besar yang datang dari arah Pluit yang bersifat situasional.

Kendaraan tersebut akan diarahkan masuk ke Pintu Tol Gedong Panjang 2 dan keluar melalui Pintu Tol Kebon Bawang ke Jalan Yos Sudarso, Koja, Jakarta Utara. Dishub DKI juga mengimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan di jalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *