Strategi Bisnis

Strategi Bisnis yang Perlu di Pahami!

Setiap orang yang mempunyai usaha atau perusahaan, pasti memiliki yang namanya strategi dalam berbisnis, karena tanpa strategi bisnis, akan sulit untuk bisa bertahan dalam kerasnya persaingan di pasar. Nah, oleh karena itu yuk simak artikel dibawah ini, supaya kalian mendapatkan ilmu baru mengenai strategi dalam berbisnis.

Pengertian Strategi Bisnis

Strategi Bisnis adalah, usaha seseorang untuk membuat visi dan misi yang dimiliki menjadi tercapai.

Jenis Jenis Strategi Bisnis

Pertumbuhan

Strategi Pertumbuhan adalah strategi dimana pasar melakukan penambahan atau berkembang. Contohnya, melakukan ekspansi ke daerah baru, menambahkan karyawan baru, meningkatkan pendapatannya ataupun menambakan sesuatu yang baru.

Stabilitas

Strategi Stabilitas adalah strategi yang tetap stabil pada posisi saat itu, tidak ada perubahan / sama seperti biasa, yaitu tetap melayanan dan maintenance usahanya seperti biasa yang artinya tidak ada kemajuan atau kemunduran pada usahanya. Misalnya, tidak ada produk baru, tidak ada promo atau tidak ada usaha untuk lebih dari biasanya.

Komponen Strategi Bisnis

Strategi Operasi

Strategi yang dilakukan dalam operasi perusahaan, misalnya bahan baku,sumber daya manusia, fasilitas, dll. Dimana strategi ini berpusat pada perubahan internal dalam kegiatan setiap harinya.

Strategi Pemasaran

Ini merupakan kunci utama dalam perusahaan atau organisasi untuk meningkatkan penjualan. Ada beberapa contoh strategi pemasaran, sebagai berikut :

  • Menawarkan Program Refferal

Program Refferal adalah program yang mengajak orang lain untuk bergabung bersama kita menjual atau melakukan sesuatu yang sifat nya menguntungkan kedua pihak. Sistem program referral seperti pyramid, siapa yang dapat mengajak paling banyak orang bergabung, maka beliau memiliki potensi menjadi yang terbaik dan mendapatkan untung yang besar.

Misalnya saja pada permainan poker online. Dimana agen poker idn akan menawarkan sejumlah keuntungan pada para mambernya yang berhasil mengajak orang untuk ikut bergabung. Hal ini tentu akan menguntungkan kedua pihak bukan.

  • Membangun Image Brand

Apa itu Image Brand? Image Brand adalah arti dari sebuah nama produk dimasyarakat, bagaimana cara produk tersebut dikenal oleh banyak orang dengan namanya. Jadi menjual nama produk adalah sebuah strategi dimana membuat orang berpikir bahwa semua produk yang dikeluarkan oleh brand misal “ A “, adalah produk yang bagus, bagaimana bisa? Karena semua orang sudah percaya dengan produk “ A “ tersebut, jadi berapapun harga dan modelnya, orang pasti tidak ragu untuk membeli produk yang dihasilkan merek “ A “ tersebut karena sudah percaya dengan nama produknya, itulah yang disebut sebagai Image Brand.

  • Influencer Marketing

Influencer Marketing adalah melakukan pemasaran ( menyewa jasa mereka )melalui orang orang yang memiliki pengaruh terhadap public, misal orang yang terkenal atau artis ( orang yang memiliki pengikut, biasanya yang memiliki paling banyak pengikut adalah yang paling berpengaruh, karena produk yang akan diinfokan oleh mereka yang banyak memiliki pengikut, akan otomatis diketahui oleh pengikutnya yang banyak itu  )

Tetapi, dalam menggunakan strategi ini, kita perlu tau benar, kepada siapa kita akan menggunakan jasa ini, karena apabila kita salah dalam menentukan dengan siapa kita kerja sama, maka hasil dari strategi ini bisa menghasilkan kerugian. Oleh karena itu diperlukan riset terlebih dahulu kepada siapa kita akan berkerja sama.

Sekian mengenai Strategi dalam berbisnis, apabila kalian tertarik dalam berbisnis, alangkah baiknya dipersiapkan terlebih dahulu strategi seperti apa yang akan anda lakukan, karena strategi merupakan hal dasar yang akan dilakukan pertama kali dalam berbisnis. Semoga kalian berhasil dan semangat pantang menyerah. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *